Karena Masa Depan yang cerah dimulai dari sekarang
Siapa sih yang gak kenal dengan aplikasi Power Point atau yang biasanya kita sebut dengan PPT? Yaitu aplikasi software yang digunakan untuk merancang bahan presentasi dalam bentuk slide, namun kali ini ada yang menarik ni. Hal menarik ini datang dari mahasiswa semester 4 Pendidikan islam Anak usia dini UIN Malang Angkatan 2022 kelas A.
Pada mata kuliah Pembelajaran berbasis teknologi ini mahasiswa semester 4 PIAUD UIN Malang Angkatan 2022 kelas A di beri materi tentang pembuatan game melalui aplikasi (Power Point), dengan rasa antusiasme yang tinggi dalam mengikuti mata kuliah Pembelajaran Berbasis Teknologi ini. Para mahasiswa dengan tekun mempelajari berbagai fitur dan teknik dalam PowerPoint untuk mengembangkan game edukatif. Tidak hanya membuat slide yang menarik, para mahasiswa juga belajar bagaimana memprogram elemen interaktif yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan efektif.
Pencarian gambar interaktarif untuk menunjang game
Rasa antusiasme yang tinggi dari para mahasiswa kelas A 2022
Salah satu contoh game yang berhasil dibuat oleh para mahasiswa adalah ” Petualangan Alfabet (Menyusun kata)”, di mana anak-anak diajak untuk menjelajahi berbagai huruf dan kata-kata dalam bentuk permainan yang interaktif dan mengasyikkan. Game ini tidak hanya membantu anak-anak dalam mengenal huruf, tetapi juga meningkatkan keterampilan motorik dan kognitif mereka.
Keberhasilan ini tidak terlepas dari peran dosen pengampu yang berpengalaman dan berdedikasi. Dengan bimbingan yang intensif dan materi yang disusun secara sistematis, para mahasiswa mampu mengaplikasikan teori-teori yang dipelajari menjadi produk nyata yang bermanfaat dalam pembelajaran anak usia dini.
Bu Melly Elvira, M.Pd. selaku dosen pengampu
Kenapa harus aplikasi Power Point ?
Karena,tujuan dari menggunakan aplikasi ini dalam pembuatan game edukasi adalah salah satunya agar memudahkan para mahasiswa dalam membuat media pembelajaran yang mana nantinya akan di sajikan untuk para peserta didik.
Dapat kita ketahui bahwa profil seorang guru atau pendidik harus selalu memiliki ide atau gagasan gagasan yang baru dan mempunyai daya fikir yang kreatif dan inovatif agar nanti nya peserta didik yang di ajar menjadi lebih nyaman dan enjoy dalam menerima materi.
Bagi seorang pendidik terutama pendidik bagi Anak Usia dini, teknologi bukanlah suatu halangan bagi para mereka untuk mencetak generasi emas, melainkan sebuah peluang besar untuk menciptakan metode pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif. Dengan memanfaatkan teknologi, pendidik dapat mengakses sumber daya pendidikan yang lebih luas, memperkenalkan pembelajaran interaktif, dan menjangkau siswa di berbagai tempat. Teknologi juga memungkinkan pendidik untuk melacak kemajuan siswa secara lebih akurat dan personal, sehingga dapat memberikan dukungan yang lebih tepat sasaran. Dalam era digital ini, pendidik yang mengintegrasikan teknologi dalam proses belajar mengajar akan mampu menghasilkan generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan dengan kompetensi yang unggul. Karena Masa Depan yang cerah dimulai dari sekarang, dengan mengintregrasikan teknologi dalam Pendidikan.
Penulis : Alfi Najmi Rahmania
- Implementasi Kurikulum Merdeka di Pendidikan Anak Usia Dini: Pendekatan Kolaboratif Bersama PIAUD UIN Malang - September 21, 2024
- Seminar Nasional PIAUD UIN Malang: Menggali Filosofi dan Prinsip Montessori Bersama Ms. Rosalynn Tamara - September 19, 2024
- PIAUD UIN Malang Tandatangani MoU dengan Montessori Haus Asia untuk Penguatan Metode PAUD - September 19, 2024