Tetapkan Juli Sebagai Bulan Kurikulum, PIAUD Mantabkan Langkah Menuju Reakreditasi

Terakreditasi UNGGUL merupakan salah satu mandat utama yang dibebankan pada seluruh Program Studi di lingkungan UIN Malang. Melalui semua arahannya, baik Rektor maupun Dekan selalu mengingatkan target utama Universitas yang dibingkai menggunakan jargon atau tagline “Unggul Bereputasi Internasional.”

Prodi PIAUD FITK UIN Malang sendiri saat ini memiliki status akreditasi “Baik Sekali” dan mendapatkan mandat hasil rapat pimpinan dan rapat kerja fakultas untuk melakukan pengajuan kembali status akreditasi ke Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) padaa tahun 2024. Targetnya jelas, UNGGUL!

Rangkaian persiapan dan kegiatan telah dilaksanakan untuk menjalankan amanat menjadi Prodi dengan status akreditasi Unggul. Salah satu dari banyak ikhtiar yang telah dilakukan PIAUD adalah dengan menggelar koordinasi rutin untuk meninjau kembali perangkat kurikulum Prodi. Juli, 2024 merupakan bulan yang diagendakan khusus untuk hal tersebut, atau kami menyebutnya dengan “bulan kurikulum”. Melalui pertemuan rutin pada hari senin, selasa, dan rabu selama satu bulan.

Target utama bulan kurikulum antara lain adalah:

  1. Menyempurnakan semua Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang sesuai dengan Outcome-Based Education (OBE).
  2. Meninjau kembali runtutan visi keilmuan-tujuan-CPL-CPMK
  3. Melakukan standarisasi metode pembelajaran yang digunakan oleh semua dosen
  4. Melakukan standarisasi bentuk dan kriteria penilaian atau evaluasi pembelajaran yang digunakan oleh semua dosen

Rapat digelar dengan suasana santai di ruang dihadari oleh semua dosen PIAUD FITK UIN Maulana Malik Ibrahim, mulai Kaprodi, Sekprodi dan dosen lainnya. Pertemuan dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB dan direncanakan rutin selama bulan Juli tahun 2024.