Laksanakan AMI 2024, PIAUD Bertekad Pastikan Mutu Terbaik

Sebagai upaya berkelanjutan untuk menjamin kualitas pengelolaan kegiataan di perguruan tinggi, UIN Maulana Malik Ibrahim, melalui Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) melaksanaakaan Audit Mutu Internal (AMI) 2024 serentak pada 5-7 Agustus 2024.
Terdapat beberapa hal yang sedikit berbeda antara AMI tahun 2024 dengan tahun-tahun sebelumnya. “Kami terus melakukan pembaharuan untuk memastikan indikator penjaminan mutu berjalan dengaan baik, utamanya melalui aplikasi sistem penjaminan mutu internal (e-SPMI)” tutur Dr. Muhammad Faisal, S.Kom., MT selaku lead auditor yang bertugas di FITK. Pak Faisal juga menekankan bahwa kedatangan auditor di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan (FITK) utamanya adalah sebagai kolega, sehingga harapannya data yang disajikan benar-benar data yang ada di lapangan. Sehingga upaya perbaikan dapat terjadi dengan mempelajari kekurangan data yang tersaji.
Menyambut hal tersebut, Dr. Muhammad Walid, MA selaku wakil dekan bidang akademik mengucapkan terimakasih atas kedatangan auditor LPM. Terdapat beberapaa catatan utama yang disampaikan WD I yang mewakili Dekan, diantaranya adalah penekanan kedisiplinan baik disiplin waktu maupun data saat pelaksanan AMI. Selain itu WD I juga mengingatkan bahwa agenda AMI adalah agenda Universitas, maka diharapkan agar semua prodi memberikan dukungan terbaiknya.
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) sendiri mendapatkan giliran audit pada hari kedua, Selasa 6 Agustus 2024. Dr. Syahiduz Zaman yang juga merupakan dosen senior di prodi Teknik Informatika ditugaskaan untuk menjadi Auditor AMI di PIAUD UIN Malang. Namun berhubung auditor yang bertugas sedang berhalangan, maka AMI di PIAUD dipimpin langsung oleh lead auditor AMI FITK, Dr. Muhammad Faisol, S.Kom., MT.

Audit direncanakan berjalan dalam waktu satu hari kerja, mulai pukul 09.00 WIB sampai 14.00 WIB. Verifikasi data dilakasnakan pada sesi I, dilanjut wawancara dan juga closing. Selama berjalannya audit, PIAUD yang diwakili Akhmad Mukhlis (Kaprodi), Sandy Tegariyani (Sekprodi), Dessy Wahyuningtyas (PDDIKTI PIAUD) dan juga Ainur Rochmah (Admin e-SPMI) menyajikan data baik data manual maupun data yang telah tersaji di website prodi dan juga di aplikasi Akademik Bimbingan Tugas Akhir (ABTA). Yang terakhir disebut merupakan program sekaligus aplikasi unggulan yang khusus tersedia di PIAUD UIN Malang.