Liburan Produktif: Mahasiswa PIAUD UIN Malang Ikut Serta Dalam Program Bakti Desa

Liburan genap semester 2024 kali ini, Mahasiswa PIAUD UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengikuti program pengabdian masyarakat bakti desa yakni FBD yang diselenggarakan oleh Journey Arancia of Unvelling Triangle (JANTRA) yang merupakan salah satu program kegiatan Kampus Merdeka.

Menjadi satu hal yang berbeda, Biasanya liburan kebanyakan masyarakat mengisi aktivitas nya dengan healing, jalan – jalan atau rekreasi. Liburan genap semester 2024 kali ini, Mahasiswa PIAUD UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengikuti program pengabdian masyarakat bakti desa yakni FBD yang diselenggarakan oleh Journey Arancia of Unvelling Triangle (JANTRA) yang merupakan salah satu program kegiatan Kampus Merdeka.

Mupi Anisah mengaku bersyukur dapat berkesempatan mengikuti program tersebut. Mupi menuturkan jika ia mengetahui informasi tentang program pengabdian masyarakat ini di media sosial. Lalu ia mendaftarkan diri dan mengikuti rangkaian pemberkasan seleksi FBD JANTRA. program kegiatan dikemas seperti program matching fun  selama 45 hari. Kegiatan Bakti desa ini dilaksanakan di Desa Mentaraman Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang. Kegiatan bakti desa ini dimulai pada tanggal 25 juni hingga 05 Agustus 2024.  Rangkaian kegiatan bakti desa  ini meliputi kegiatan sosialisasi lingkungan, kegiatan praktik mengajar di SD Negeri 02 Mentaraman, membantu kegiatan masyarakat, dan masih banyak lagi. Dalam melaksanakan program kegiatan bakti desa, mupi anisa ditemani oleh team kelompok nya yang berasal dari beberapa universitas di kota Malang.

Rutinitas mahasiswa PIAUD UIN Malang semester 5 ini selama bakti desa selain melaksanakan tugas program kegiatan yang telah diberikan juga mengajar madin TPQ di RT 009 Desa Mentaraman. Setelah mengajar mengaji mahasiswi tersebut juga mengajar tari anak – anak RT 009 dan RT 010 Desa Mentaraman.

“Alhamdulillah senang, bisa mengikuti program ini. bisa terlibat secara langsung bersama warga dan juga bisa melatih soft skill kita juga dalam bermasyarakat. Walaupun masih gak nyangka bisa ikut program ini.” Ujar Mupi Anisah

Selain pengalaman yang sangat berharga, program kegiatan bakti desa ini juga memberikan uang pendanaan sebesar Rp. 3.000.000 ,- untuk kegiatan pengabdian masyarakat. Harapan nya dengan adanya pressrealease ini dapat menginspirasi para pembaca untuk turut aktif dalam pengembangan masyarakat dan lingkungan sekitar.