Tidak Hanya Mengajar, Berikut Ini Aktivitas Dosen PIAUD UIN Malang Saat Pertukaran di PIAUD IAIN Madura

Masih dalam rangkaian pertukaran dosen antara FITK UIN Malang dengan Fakultas Tarbiyah IAIN Madura, tiga dosen PIAUD melakukan berbagai aktivitas dalam rentang dua hari 9-10 Oktober 2024. Kegiatan pertukaran dosen ini rencananya diadakan secara periodik sebagai dari implementasi kerjasama antara kedua lembaga.

Secara khusus, PIAUD UIN Malang mengirimkan tiga dosen untuk mengikuti agenda tersebut, yaitu Akhmad Mukhlis, Nurlaeli Firiah dan juga Rikza Azharona Susanti. Sambutan hangat diberikan dari pihak PIAUD IAIN Madura. Diwakili oleh Kaprodi, H. Jamiludin Usman, M.Pd.I., PIAUD IAIN Madura bukan hanya mempersilahkan rombongan untuk mengajar, namun juga membuka forum diskusi di kantor PIAUD IAIN Madura.

Diskusi antara dua prodi tersebut dimulai dari pemaparan PIAUD IAIN Madura mengenai keberhasilan mendapatkan predikat UNGGUL dari Lembaga Akreditasi Mandiri-Pendidikan (LAMDIK) sampai pada bagaimana pengelolaan jurnal. Perlu diketahui, jurnal KIDDO milik PIAUD IAIN Madura telah bersertifikat Sinta 3 dan sedang mempersiapkan untuk kenaikan peringkat di tahun ini.

Selain diskusi tersebut, dua perwakilan dosen PIAUD UIN Malang juga mendonasikan buku karya sendiri. Buku dengan judul Psikologi Perkembangan Anak Jilid I terbitan Erlangga didonasikan Akhmad Mukhlis untuk perpustakaan PIAUD IAIN Madura, serta buku dengan judul Bermain dan Permainan terbitan Litnus juga disonasikan Rikza Azharona Susanti.

Kegiatan ini diharapkan berlanjut secara periodik dan dapat membuka jalan bagi pertukaran ilmu pengetahuan lebih lanjut antara UIN Malang dan IAIN Madura, serta memperkuat jaringan akademik dalam bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini.